Japan Exchange and Teaching Programme (JET Programme 2014)

JET PROGRAMME 2014
 

1.

JET merupakan singkatan dari Japan Exchange and Teaching Programme (Program Pertukaran dan Pengajar Jepang) yaitu sebuah proyek kerja sama 3 kementerian di Jepang, Kementerian Luar Negeri ; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah raga, Sains dan Teknologi; dan Kementerian Urusan Rumah Tangga & Komunikasi dengan organisasi pemerintah lokal untuk menugaskan pemuda dari berbagai negara sebagai staf khusus pemerintah lokal, memberi kesempatan untuk mengajar bahasa asing, olah raga dan lain-lain di SMP dan SMA yang ada di seluruh Jepang, dan bekerja bagi pertukaran internasional di pemerintah lokal.

Program JET terdiri dari 3 bidang kerja namun kali ini pelamar yang dicari dari Indonesia adalah untuk bidang CIR – Kordinator Hubungan Internasional (sebanyak 1 orang).

 

(1)

Kordinator untuk Hubungan Internasional (CIR : Coordinator for International Relations)
Mengemban tugas dalam kegiatan pertukaran internasional (melayani tamu yang datang dari luar negeri, menerjemahkan materi cetakan berbahasa asing, penterjemah saat event-event, membantu dan memberi masukan pada perencanaan dan rancangan kegiatan pertukaran internasional serta penyelenggaraannya) di departemen yang membidangi pertukaran internasional di organisasi pemerintah lokal.

 

(2)

Asisten Guru Bahasa (ALT : Assistant Language Teacher)
Mengemban tugas dalam kegiatan pertukaran internasional melalui pengarahan pelajaran bahasa (membantu guru Jepang pada pelajaran bahasa asing) seperti di SD, SMP, SMA, Komite Pendidikan.

 

(3)

Advisor Pertukaran Olahraga (SEA : Sports Exchange Advisor)
Mengemban tugas kegiatan pertukaran internasional melalui olah raga (seperti membantu pengarahan olah raga) di departemen yang membidangi pertukaran internasional di organisasi pemerintah lokal.

   

2.

Pelamar yang lulus kali ini akan bekerja dengan kondisi di bawah ini.

 
Penempatan:Divisi General Affairs, Bagian Umum, Kota Kochi (direncanakan)
Periode:Dari 3 Agustus 2014 (Minggu) selama 1 tahun (ada kemungkinan diperpanjang tergantung hasil kerja)
Isi Pekerjaan:

Tugas-tugas terkait pertukaran internasional, kerja sama internasional, proyek promosi pariwisata internasional, bantuan promosi pendidikan untuk pemahamaninternasional, pembuatan material informasi edisi bahasa Inggris, interpreter, pekerjaan terjemahan dan lain-lain

   
3.Persyaratan untuk melamar
 

Persyaratan untuk melamar adalah sebagai berikut.

  • Lulus S1 atau yang akan lulus sampai dengan tanggl 28 Juli 2014
  • Warga Negara Indonesia
  • Tidak tinggal di Jepang lebih dari 6 tahun setelah tahun 2004
  • Memiliki kemampuan praktis berbahasa Inggris dan bahasa Jepang (khususnya dalam bahasa Jepang tidak memiliki hambatan dalam pekerjaan terjemahan dan interpreter memiliki JLPT(Japanese Language Profeciency Test) N-2 Level, lebih digemari jika memiliki N-1 Level.)

 

Pelamar diharap untuk membaca dengan baik ”Application Guidelines” dan ”Instructions for Filling Out the Application Form”. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan seluruh kelengkapannya, seluruh dokumen tersebut, sudah harus kami terima paling lambat hari Jumat, 20 Maret 2014. Dokumen dikirimkan (Apabila melalui pos, batas akhir pengirimannya tetap tanggal tersebut (Cap Pos) ke alamat berikut;

  

Bagian Penerangan dan Kebudayaan
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
Jl. M.H. Thamrin No. 24
Jakarta 10350

 

Mohon mencantumkan kode “JET-CIR 2014” di kiri atas amplop

   

4.

Lain-lain
 

Informasi terkait program JET dapat dilihat di homepage Kemenlu Jepang : (http://www.mofa.go.jp/policy/culture/people/youth/jet/index.html) dan homepage JET : (http://www.jetprogramme.org/).

Untuk pertanyaan terkait pendaftaran program ini dapat menghubungi :
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
Bagian Penerangan dan Kebudayaan (021-3192 4308 ext. 176)

Lampiran : Application Guidelines, Application Form, Instructions for Filling Out the Application Form, Self Assessment Medical Report

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *